Home » » Adab ketika anda bangun dari tidur

Adab ketika anda bangun dari tidur

Islam adalah agama yang indah, sejuk, dan rapi. Tidak ada agama seindah Islam, yang mengajarkan adab-adab mulia sejak bangun tidur hingga tidur kembali. Di antara adab-adab atau sunnah-sunnah yang diajarkan Islam ketika bangun tidur adalah:

1. Mengusap bekastidur yang ada di wajah maupun tangan. Hal ini menurut Imam An-Nawawi dan Al-Hafizh Ibnu Hajar sebagai sesuatu yang dianjurkan berdasarkan hadist Nabi saw, "Rasulullah bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap wajahnya dengan tangannya." (H.R. Muslim)

2. Membaca doaketika bangun tidur, yaitu:

3. Membaca dzikir sesuai sabda Nabi saw Ubadah bin Shamitmengatakan bahwa Nabi bersabda, "Barangsiapa yang bangun di malam hari dan mengucapkan:

Lâ ilâha illallâhu wahdahu lâ syarîka lahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu wa huwa 'alâ kulli syai'in qadîr, alhamdulillâh, wa subhânallâh, wa lâ ilâha illallâhu, wallâhu akbar, wa lâ haula wa lâ quwwataillâ billâh.

'Tiada tuhan melainkan Allah Yang Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala pujian, Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Segala puji bagi Allah, Mahasuci Allah, tidak ada tuhan melainkan Allah, Allah Mahabesar, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah',

kemudian ia mengucapkan, 'Ya Allah, ampunilah aku, 'atau ia berdoa, maka dikabulkanlah doanya. Jika ia berwudhu dan shalat, maka diterima (shalatnya)." (H.R. Bukhari)

4. Atau membaca dzikir sesuai sabdaberikut Rasulullah saw apabila bangun tengah malam untuk shalat malam (Tahajud), beliau mengucapkan:

Lâ ilâha illâ anta subhânaka, Allâhumma astaghfiruka li dzanbî, wa as'aluka rahmataka, Allâhuma zidnî ilman wa lâ tuzigh qalbî ba'da idz hadaitanî wa hablî min ladunka rahmatan innaka antal wahhâb.

"Tidak ada tuhan kecuali Engkau. Mahasuci Engkau, ya Allah, aku mohon ampunan-Mu atas dosaku dan aku mohon rahmat-Mu. Ya Allah, tambahlah ilmu bagiku dan jangan Engkau memalingkan hatiku setelah Engkau memberiku hidayah (petunjuk) dan karuniakanlah dari sisi-Mu rahmat. Sesungguhnya engkau Maha Pemberi rahmat." (H.R. Abu Dawud)

5. Mencuci kedua tangan sebanyak 3 kali. Rasulullah saw bersabda, "Apabila seorang bangun tidur jangan langsung memasukkan tangannya ke dalam ember (bejana) air sehingga mencucinya lebih dulu tiga kali. Sesungguhnya dia tidak mengetahui di mana tangannya bermalam atau di mana tangannya melayang." (H.R. Abu Dawud)

6. Ber-istintsâr, mengeluarkan atau menyemburkan air dari hidung setelah menghirupnya. Rasulullah saw bersabda, "Apabila salah seorang di antara engkau bangun tidur, hendaklah mengeluarkan air dari hidungnya (istintsâr) tiga kali, karena setan itu menginap di batang hidungnya. (Shahih Muslim, No.351)

7. Bersiwak Hadis riwayat Hudzaifah r.a., ia berkata, "Apabila Rasulullah saw bangun untuk melakukan shalat Tahajud, beliau menggosok giginya dengan siwak." (Shahih Muslim, No.374)

Thanks for reading Adab ketika anda bangun dari tidur

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran kami tunggu.
Terima Kasih